Simak Puncak Hujan Meteor Geminid 13-14 Desember 2012


Hujan meteor Geminid dapat disaksikan di mana pun di belahan dunia. Syaratnya hanya cuaca malam yang cerah.

geminid,meteor,benda langitFenomena benda langit yang masuk ke atmosfer Bumi, tertangkap kamera pada Desember 2012 di California, Amerika Serikat. Ini merupakan bagian dari hujan meteor Geminid. (Wally Pacholka, TWAN/National Geographic News).
Kamis dan Jumat malam, 13-14 Desember 2012, akan nampak fenomena cantik hujan meteor Geminid. Menurut para pakar, hujan meteor ini merupakan hujan paling "deras" di sepanjang tahun 2012 dengan 120 meteor per jamnya.

Dalam situs Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), hujan meteor ini dapat disaksikan di mana pun di belahan dunia. Syaratnya hanya cuaca malam yang cerah.
"Geminid adalah favorit saya karena mereka menantang berbagai penjelasan," ujar astronomer NASA, Bill Cooke.

Geminid dihasilkan oleh objek seperti batu yang diidentifikasi oleh satelit NASA, IRAS, sebagai 3200 Phaeton pada tahun 1983. Tiap bulan Desember, planet Bumi melewati repihan benda antariksa yang mengelilingi 3200 Phaeton.

Repihan berukuran seperti pasir ini kemudian masuk ke dalam atmosfer Bumi dan disebut Geminid. Menghasilkan fenomena luar biasa di langit kita.

Hujan meteor Geminid pertama kali diketahui pada abad 19. Saat itu, tidak banyak orang yang tertarik pada fenomena ini karena termasuk hujan meteor lemah.

Namun, Geminid sekarang berkembang menjadi hujan meteor yang lebih terang dan padat. Kamis dan Jumat malam (13-14/12) adalah puncaknya dengan pancaran sinar yang bisa dilihat di seluruh dunia.
StumbleDeliciousTechnoratiTwitterFacebookReddit

0 komentar:

Translate

Twitter

chat box